Kategori
Jurusan

Mengenal Tentang Ilmu Antropologi

Mengenal Tentang Ilmu Antropologi – Pada era modern saat ini, ilmu antropologi merupakan bagian dari pilihan jurusan perkuliahan yang terbilang tidak begitu populer bagi para pelajar. Sehingga bukan menjadi rahasia lagi bahwa para pelajar justru memilih program studi perkuliahan dengan jurusan yang dianggap lebih populer dan menjanjikan.

Jika melihat informasti dari Get Educated, banyak yang belum menyadari bahwa jurusan antropologi justru memberikan banyak ilmu dan kemampuan yang diperlukan mahasiswa setelah lulus kuliah dan memasuki dunia pekerjaan profesional. Itulah mengapa sangat penting untuk mengetahui terlebih dahulu tentang apa itu ilmu antropologi, materi pelajaran apa saja yang akan kamu peroleh dan keahlian apa yang akan didapatkan oleh lulusan ilmu antropologi.

Mengenal Tentang Ilmu Antropologi

Supaya kamu tidak bingung, berikut adalah informasi lengkap tentang jurusan ilmu antropologi dan hal-hal lainnya yang berhubungan dengan program studi tersebut.

1. Ilmu Antropologi, Belajar Apa?

Sebelum kamu mencari tahu lebih detail tentang seperti apa materi perkuliahan ilmu antropologi, sebaiknya kamu wajib tahu terlebih dahulu apa definisi dari disiplin ilmu ini. Antropologi merupakan bahasa dari 2 kata yaitu anthropos yang bermakna manusia dan logos yang berarti ilmu pengetahuan.

Kedua kata tersebut dapat kamu gabungkan sehingga dapat dikatakan bahwa antropologi adalah studi pada bindang humaniora. Pada bagian tersebut manusia akan belajar tentang seluk beluk kebudayaan dan sejarah kehidupan manusia. Aspek kemanusiaan juga dapat dipelajari dalam bidang keilmuan tersebut yang terbilang cukup luas serta dinamis.

Kamu bisa belajar tentang perkembangan ekonomi, fisik manusia, agama dan keyakinan, kemajuan teknologi dan politik pemerintahan. Ilmu antropologi juga dapat dibagi dalam dua sub ilmu yaitu antropologi fisik dan antropologi budaya.

Kemudian, antropologi fisik dibagi kembali menjadi dua kategori yaitu paleoantropologi dan antropologi ragawi. Lewat jurusan ini, kamu juga bisa belajar tentang prehistori, etnologi dan etnolinguistik pada antropolpgi budaya.

Baca Juga: Tips Mengisi Pengalaman Kerja bagi Fresh Graduate

2. Materi dan Tujuan Perkuliahan Antropologi

Jika sudah membahas tentang definisinya, maka merupakan anggapan yang tidak tepat apabila berpikir ilmu antropologi merupakan jurusan yang tidak menawarkan ilmu maupun menawarkan berbagai skill profesional. Justru, materi perkuliahan pada jurusan ini mendorong para mahasiswa supaya menjadi pribadi aktif dan ahli pada bidang sosial. Seluruh materi perkuliahan juga berbasis riset sehingga lulusan jurusan antropologi pasti memiliki kemampuan analisis dengan kualitas tinggi.

Beberapa contoh mata perkuliahan yang akan kamu temui pada jurusan ilmu antropologi yaitu antropologi agama, antropologi ekologi, filsafat ilmu sosial dan banyak lagi lainnya.

Jika dilihat dari materi perkuliahannya, objek studi pada ilmu antropologi adalah perkembangan manusia dengan status sebagai individu maupun kelompok. Mahasiswa pada jurusan ini juga harus mampu memerhatikan berbagai aspek penting kehidupan manusia termasuk perilaku sehari-hari, upacara, proses dan ritual.

Antropologi juga mengulik tentang seperti apa masyarakat bisa berbeda ataupun sama, bagaimana pola pikir manusia sangat bergantung pada perkembangan zaman dan seperti apa manusia yang universal. Beberapa tujuan dalam cabang ilmu sosial tersebut adalah untuk mengetahui berbagai unsur kemanusiaan secara menyeluruh supaya manusia mampu memahami sesamanya. Selain itu juga untuk memahami Seperti apa dasar perilaku pada masing-masing individu supaya dapat lebih memahami prinsip kemanusiaan.